Senin, 08 Desember 2014

Memilih Barang-Barang Yang Perlu Disimpan Dalam Brankas



Sangatlah sulit memilih barang-barang yang ingin diselamatkan jika sesuatu bencana terjadi.

Jika rumah anda kebakaran, apa yang anda selamatkan dulu? Mungkin anda akan menyelamatkan anak anda, dompet anda, hewan piaraan anda (atau ketiga-tiganya). Tetapi bagaimana dengan foto-foto berharga anda, paspor atau benda-benda lainnya?

Bagaimana jika anda tidak di rumah saat kebakaran terjadi?

Ada banyak barang yang akan hancur dan terbakar yang tidak terpikir untuk kita selamatkan saat kita mengevakuasi rumah kita. 
Lain halnya jika kita menyimpannya didalam brankas atau tempat yang aman, kita akan tenang bila terjadi suatu bencana di rumah anda.

Jadi, bagaimana anda memilah-milah barang-barang apa saja yang harus disimpan di tempat yang aman?

Ada beberapa kategori barang-barang untuk disimpan di dalam brankas:

1. Barang-barang yang tidak dapat tergantikan, seperti barang-barang warisan, barang-barang buatan tangan, surat silsilah dan sejarah keluarga (atau disk yang berisikan sejarah dan silsilah keluarga), kenang-kenangan saat kecil (misalnya medali saat memenangkan sesuatu).

2. Dokumen-dokumen yang penting dan susah didapatkan atau diurus lagi, seperti surat lahir, paspor, surat nikah, serifikat rumah.

3. Surat-surat penting yang akan dibutuhkan saat terjadi kebakaran, seperti surat asuransi dan daftar obat.

4. Barang-barang berharga seperti perhiasan, emas, uang tunai, koleksi koin kuno (Jangan simpan mutiara didalam brankas karena mutiara sensitif terhadap perubahan suhu dan dapat rusak pada suhu yang lebih rendah, jadi brankas tidak dapat melindunginya)

5. Surat warisan, surat kuasa, asuransi kesehatan atau mungkin notebook yang berisi nomer rekening yang berisikan pin dan nomer rekening.

Meskipun brankas dapat menyelematkan benda-benda berharga anda dalam kebakaran, gunakan arsip, kotak-kotak penyimpanan yang acid free untuk dokumen-dokumen yang sudah lama seperti foto-foto lama. Gunakan silica gel untuk menjaga brankas tidak lembab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar